Minggu, 11 Desember 2011

Makalah Proposal Usaha Telur Ayam

BAB 1
PENDAHULUAN

1.Latar Belakang

Seiring perkembangan jumlah penduduk yang terus meningkat dari tahun ke tahun,serta dengan kesadaran akan arti pentingnya peningkatan mengkonsumsi gizi dalam kehidupan,disamping itu meningkatnya kebutuhan akan masyarakat terhadap mengkonsumsi telor yang terus menigkat untuk dapat memberikan zat bagi tubuh untuk mempertahankan hidup,selain itu telor mengandunag parotein yang tinggi dan energi yanag dibutuhkan oleh tubuh dalam menjalankan aktifitas kehidupan

Disamping itu telor merupakan suatu jenis bahan makanan yang sangat populer dikalangan masyarakat yang sangat bermanfaat sebagai sumber protein hawani. Hampir semua lapisan masyarakat dapat mengkonsumsi telor sebagai sumber protein hawani karena telor merupakan salah satu bentuk makanan yang mudah diperoleh dan mudah dalam mengelolahnya,sehingga telor merupakan jenis bahan makanan yang selalu dibutuhkan dan dikonsumsi masyarakat

Selain telor,usaha ternak ayam ras petelor,merupakan jenis unggas yang paling populer dan paling banyak dikenal orang,serta hewan yang mudah diternakan dengan modal yng lebih kecil bila dibandingkan dengan hewan besar lainya seperti,sapi,kerbau, dan kambing.secara ekonomis,usaha ternak ayam ras petelor memiliki prospek yang menguntungkan karena peermintaan jumlah konsumsi telor yang selalu lebih tinggi daripda tingkat produksi telor,serta memiliki peluang pasar yang besar yang lebih potensial dan usaha yang mampu bertahan saat krisis ekonomi terjadi.

2.Tujuan
a. untuk memenuhi akan kebutuhan gizi masyarakat dalam mengkonsusi telor  
    sebagai; sumber protein hewani.
b.untuk meningkatkan kesehatan masyrakat untuk mengkonsumsi makanan     
   yang bergizi dan kebutuhan protein bagi tubuh.
c.untuk memanfaatkan potensi wilayah yang sangat potensial untuk usaha
   ternak ayam ras petelor.

BAB II
MEKANISME USAHA


            Nama usaha                :usaha ternak ayam aras petelur
            Jenis usaha                 :penjualan telor yam ras         
            Pemilik usaha              :Rextor Mine
            Alamat usaha             :Jalan tan malaka no :23 guguk


Lokasi Usaha
Lokasi usaha di dirikan pada tempat yang  cukup strategis yang bertempat di guguk dibelakanag pasar dangung-dangung,yang mempunyai tanah yang cukup luas, seluas 200 M2 persegi, yang sangat dekat dengan pusat perdagangan.
           
PRODUK
Telor yang dihasil ayam ras petelor yang memiliki bibit unggul serta dengan makanan ayam yang bervitamin dan penuh protein ayam,sehingga dapat menjaga kesehatan ayam dan menghasilkan telor dengan proses secara alami serta memiliki kualitas yang tinggi mengandung kandungan protein yang tinggi disaming itu telor mengandung kandungan energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh,selain memiliki kandungan protein dan energi juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi,serta dapat dikonsumsi konsumen dalam berbagai bentuk dan memiliki daya tahan lama serta dapat dengan mudah dalam menditribusikan.

Proses Produksi.

            Dalam melakkukan produksi telor dapat dilakukan dengan cara:
  1. Pertama melakukan pengumpulan telor di kandang ayam,yang dapat dilakukan dengan tiga kali dalam sehari,pengambilan pertama mengambil telor pafa jam 10.00- 11.00,dan pada pengambilan kedua dapat dilakukan jam 13.00-14.00,serta pengambilan terkhir pada jam 15.00-16.00.
  2. Kedua setelah telor dikumpulkan,maka memisahkan telor yang tidak noramal dengan telor yang noarmal,yang bertujuan agar dalam proses pengemasan telor dapat dikemas dengan baik,serta dapat dipisahkan an ssuai dengan tempat teloar yang telah disediakan,sehinggan teloar tersebut dapt terjaga keamanayna.
  3. Ketiga Setelah telor siap dipindahkan dari pengumpulan ketempat papan telor yang betujuan agar telor aman dan terhindar dari kerusakan telor,sehingga tidak terjadi kerusakan pada telor,serta memudahkan dalam membawa telor ketempat penyiapan telor yang siap untuk di distribusikan atau dipasarkan. Setelah telor siap di pindahkan ke papan telor maka papan telor di ikat dengan tali,dalam satu ikatan berisi 10 papn telor,yang bertujuan agar mudah dalam memasarkan dan mendisribusikan telor.

BAHAN BAKU
Bahan baku untuk memproduksi telor adalah ayam yang memiliki bibit unggul yang baik,yang memunyai kualitas yang tinggi,yang dapat memproduksi telor dengan secara alami serta dapat mengahsilkan telor dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang lebih efesien,sehingga telor yang di produksi dapat menyeimbangkan tingkat produksi dengan tingkat konsumsi telor. 

PEMASARAN
Target Pasar pertama masyarakat  payakumbuh yang berjumlah 113.320 jiwa jiwa,usaha ini mempunyai peluang yang sangat menguntungkan, terutama dipenjualan pada masyarakat payakumbuh sendiri yang dapat memberikan keuntungan yang lebih besar. 
Kedua target pasar adalah pasar lokal yang ada di payakumbuh yang berjumlah 105000 jiwa,yang sangat memunayi peluang pasar yang sangat potensial terhadap pasar lokal di payakumbuh,yang memiliki permintaan yang sangat besar terhadap kebutuhan pasar.

Kondisi Pesaing
Bahwasanya dalam usaha ternak ayam ras petelor yang cukup banyak dipyakumbuh dan usaha yang tak berapa jauh dari usaha sejenis,dan kami yakin usaha kami memiliki prospek yang menguntungkan untuk kedepanya.dalam menghadapi pesaing usaha kami memberikan harga,harga 1butir telor Rp 800,harga 1 papan telor Rp 25000,sehingga usaha kami dapat mengahadapi pesaing dalam mearebut peluang pasar dan calon konsumen, sehingga usaha kami dapat memiliki peuang pasar yang begitu besar serta dapat keuntungan yang lebih besar.

STRATEGI PASAR
Dalam memasarkan telor,usaha kami memiliki strategi dengan melakukan konsinyasi dengan masyarakat di payakumbuh sebagai calon konsumen dan konsinyasi kepada toko-toko sehingga proses pemasaran telor dapat bersaing dengan pesaing,sehingga dapat mencari keuntungan yang labih besar dari pada pesaing.

            ANALISIS BIAYA DAN PENDAPTAN

BIAYA INVESTASI

Pembelian tanah              Rp 25.000.000
Pembuatan kandang       Rp 10.000.000
         Total investasi     Rp 35.000.000

MODAL KERJA
Modl kerja yang digunakan perushaan 1 tahun

Bahan baku               Rp 6.000.000
Biaya pabrik             Rp 5.000.000
Biaya perlagkpan      Rp 3000.000
Bahan penolong        Rp 6.000.000
Tenaga kerja             Rp 8.000.000
                      
 Total                        Rp 28.000.000  

Penjualan selama 1tahun

Tahun 2010: 1000 ikat papan telor @ 25000=Rp 25.000.000
Tahun 2011: 1500 1kat papan telor @ 25000=Rp 37.500.000
Tahun 2012 :2000 ikat papan telor @ 25000=Rp 50.000.000
Tahun 2013 ;2500 Ikat papan telor @ 25000=RP 62.500.000
Tahun 2014 :3000 ikat papan telor @ 25000=Rp 75.000.000
                                    Total penjualan         Rp 227.500.000

             Keuntungan
Penjualan                     Rp 227.500.000
Modal                           Rp   35.000.000
Keuntungan                Rp 192.500.000
   


BAB II
KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan
Usaha ternak ayam merupakan usaha yang mempunyai prospek yang menguntungkan dan memiliki peluang pasar yang sangat besar yang dapat menguasai pasar, selain itu usaha ternak kayam ras ini memiliki keuntungn yang begitu besr dan dalam pengembangn usaha ini juga sangat mudah dan dengan modal yang tidak begitu besar.

Saran
Hendaknya usaha ini dkembangkan secra baik sebab dengan usaaha ini dapat mingkatkan gizi  untuk kesehatan masyarakat sehingga  untuk kedepanya dpat meningkatkn ola kkesehatan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar